Tips Perawatan Karpet untuk Rumah dengan Hewan Peliharaan

Tips Perawatan Karpet

Memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing terutama di kota-kota besar menjadi pilihan menarik karena kelucuan dan aktivitas yang mereka lakukan. Tak jarang kedua hewan peliharaan ini menjadi sarana kegembiraan anak-anak untuk bermain atau bahkan menjaga. Namun kelucuan dan kebahagiaan ini harus dibayar dengan pemeliharaan dan perawatan, baik terhadap hewan peliharaan itu sendiri maupun kebersihan dan kenyamanan isi rumah. Hewan peliharaan secerdas apapun tetaplah hewan peliharaan yang tingkah lakunya sering kali merepotkan penghuni rumah dalam hal kebersihan rumah itu sendiri.

Rumah dengan karpet dan hewan peliharaan yang terdapat di dalamnya merupakan kontradiksi yang cukup merepotkan. Pasalnya, hewan peliharaan ini kerap meninggalkan kotoran baik berupa urin maupun kotoran lainnya, termasuk rontoknya bulu bulu di atas karpet. Kondisi ini menimbulkan ketidaknyamanan bahkan ancaman penyakit bagi penghuni rumah yang lain. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah strategis untuk mengantisipasi kejadian ini.

Tips Perawatan Karpet

Harga Karpet Lantai Terus Meninggi, Begini Cara Perawatannya

Memiliki rumah cantik dan karpet di dalamnya serta hewan peliharaan yang bermain di atasnya, merupakan kebahagiaan tersendiri bagi para penghuni rumah. Tetapi masalah sering timbul akibat ulah hewan-hewan peliharaan ini yang dapat mengotori karpet kesayangan tersebut. Begini cara menyiasatinya.

1. Vacuum Cleaner

Hewan peliharaan seringkali merontokkan bulu bulunya di atas permukaan karpet yang menyatu dengan kain halus pada karpet tersebut. Bersihkan karpet secara rutin seminggu dua kali dengan menggunakan vacum cleaner untuk memastikan kebersihan karpet. Hal ini penting demi kenyamanan dan kesehatan para penghuni rumah yang lain.

2. Jasa Pembersih Karpet

Gunakanlah jasa pembersih karpet untuk memaksimalkan kebersihan karpet secara rutin sebulan sekali. Jasa pembersih karpet saat ini mudah dihubungi dan dipanggil secara online. Dengan cara ini kebersihan dan keindahan karpet dapat terjaga secara maksimal mengingat harga karpet lantai yang terus menunjukkan trend meningkat.

3. Bersihkan Noda Selekas Mungkin

Segera bersihkan karpet yang ternoda akibat ulah hewan peliharaan, baik berupa buang air kecil maupun bermain dengan kaki kotor di atasnya. Jangan menunda pembersihan ini, sebab noda yang mengering akan tersimpan dan menyatu dengan jaringan kain karpet. Jangan pula menggunakan kain basah untuk membersihkan noda ini, sebab hal ini justru memperlebar wilayah yang ternoda. Gunakan kain kering agar noda terserap lalu taburi baking soda untuk menghilangkan bau.

4. Melatih Hewan Peliharaan

Untuk menjaga kebersihan karpet, ada baiknya melatih hewan peliharaan saat buang air kecil maupun besar pada tempat yang telah disediakan. Hal ini penting dilakukan demi menjaga kebersihan rumah termasuk kenyamanan para penghuninya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *