Jangan Sampai Keliru, Begini Tips Merawat Pintu Kamar mandi Sesuai Jenisnya

 

Tips Merawat Pintu Kamar mandi

Bagian kamar mandi yang rentan dengan kerusakan adalah pintunya, apalagi jika jenis kamar mandi kamu tipe basah maka pintu akan terus terkena air. Oleh sebab itu sangat disarankan tidak menggunakan pintu jenis kayu. Sebagai gantinya pilih pintu UPVC kamar mandi yang anti rayap dan anti air. Namun jika kamu masih menginginkan pintu kayu pastikan membuat kamar mandi kering terlebih dahulu.

Untuk menghindari kerusakan yang terjadi pada pintu kamar mandi sangat direkomendasikan untuk melakukan perawatan yang tepat. Pastikan untuk merawat dengan menyesuaikan jenis pintu kamar mandi. Dengan begitu pintu lebih awet dan tahan lama.

Tips Merawat Pintu Kamar Mandi Sesuai Jenisnya

Tips Merawat Pintu Kamar mandi

Biasanya orang cenderung cuek dengan pintu kamar mandi, bahkan sebagian besar orang di sekitar kita sama sekali tidak merawat dan menjaga kamar mandi. Mereka hanya fokus membersihkan lantai, dinding, toilet dan kolam saja. Padahal jika tidak dirawat dengan benar pintu akan mudah sekali rusak dan menjadi sarang kuman yang cukup mengkhawatirkan. Oleh sebab itu menjaga dan merawat pintu menjadi salah satu keharusan setiap orang. Berikut tips merawat pintu kamar mandi sesuai dengan jenisnya.

1. Pintu aluminium

Merupakan salah satu pintu kamar mandi yang sangat populer. Hampir sebagian besar orang memiliki pintu ini karena banyak sekali keunggulan. Berbagai kelebihan tersebut mulai dari harga cukup terjangkau di pasaran, pemasangan cukup mudah dilakukan, memiliki nilai estetika yang cukup tinggi, cukup kokoh dan awet, tahan terhadap air dan api serta mudah kamu dapatkan di toko bangunan. Namun pintu aluminium yang tidak dirawat dengan baik akan mudah kendur bagian engselnya, oleh sebab itu saat menutup maupun membuka pintu sangat disarankan untuk lebih berhati-hati. Sedangkan untuk pembersihannya cukup mudah dilakukan, pertama-tama siapkan bahan yang dibutuhkan seperti krim tartar, kuas dan air mendidih sebanyak 1 liter. Silahkan campurkan 2 sendok krim tartar dengan air mendidih, selanjutnya usapkan bahan tersebut menggunakan kuas ke seluruh bagian aluminium.

2. Pintu UPVC

Pintu UPVC kamar mandi mulai dikenal banyak orang, karena pintu ini ternyata juga memiliki banyak sekali kelebihan, di antaranya tahan terhadap korosi, tahan terhadap api, anti rayap dan tidak akan lapuk. Paling penting pintu UPVC mampu meredam suara dengan baik, sangat cocok diaplikasikan pada ruang privat seperti kamar mandi. Untuk perawatannya juga cukup mudah, yaitu dengan menggunakan air hangat, usap menggunakan kanebo agar cepat kering, jika ada noda yang membandel bisa membersihkannya dengan campuran cairan pembersih.

3. Pintu Vinyl

Untuk pintu vinyl yaitu pintu dengan bahan seperti plastik. Pintu jenis ini juga menjadi salah satu pintu populer yang digunakan banyak orang. Harganya juga cukup murah, tersedia banyak di pasaran, tidak akan korosi, anti terhadap air, anti rayap dan cukup mudah untuk dirawat. Untuk merawat pintu vinyl cukup menyediakan detergen, sabun krim, lap kuas, sarung tangan, dan satu liter air care. Silahkan campur semua bahan hingga berbusa, dan gunakan spons untuk mengelap ke seluruh bagian pintu, langkah terakhir keringkan dengan kain.

Bahan dan cara merawat pintu kamar mandi sangat mudah kamu miliki, pastikan saja pintu UPVC kamar mandi dan jenis lainnya seperti logam dan vinyl kamu bersihkan setiap satu minggu atau beberapa minggu sekali. Dengan begitu pintu kamar mandi akan selalu bersih dan enak untuk dilihat, semua kuman yang menyebabkan penyakit juga akan menyingkir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *