3 Tips Menjaga Keawetan Jendela Aluminium, Yuk Coba!

Tips Menjaga Keawetan Jendela Aluminium

Bahan aluminium biasanya akan sering kita temukan pada beberapa perlengkapan interior yang ada di dalam suatu hunian. Biasanya aluminium akan sering dijadikan sebagai kusen untuk jendela dan juga pintu kaca. Bahkan di era modern ini, jendela aluminium sering kita temukan pada bangunan dan hunian minimalis. Salah satu yang menjadi pertimbangan banyaknya orang memilih jendela berbahan aluminium yaitu karena perawatannya yang tidak terlalu sulit dan menyita banyak waktu.

Harga jual kusen aluminium sendiri bahkan dibanderol dengan cukup terjangkau sehingga semakin menjadi daya tarik bagi banyak orang untuk menggunakan jendela berbahan aluminium. Selain harganya yang murah, jendela berbahan aluminium juga menghadirkan banyak keuntungan bagi para penggunaannya. Menggunakan bahan aluminum dapat menjadikan ruangan menjadi lebih sejuk dan juga terlihat lebih elegan. Namun meskipun banyak keuntungan, bahan aluminium pada jendela juga bisa rusak apabila tidak dijaga dengan baik.

Nah, untuk menjaga agar jendela berbahan aluminum tetap awet dan terhindar dari segala kerusakan maka diperlukan beberapa tips yang harus dilakukan. Yuk simak tips-tipsnya di bawah ini!

Tips Menjaga Keawetan Jendela Aluminium

Menjaga jendela berbahan aluminium tidak sesulit yang dibayangkan, Anda bahkan tidak memerlukan perawatan khusus yang bisa menguras banyak pengeluaran biaya. Cukup dengan hal-hal sederhana, maka dijamin ia akan mampu bertahan sangat lama san ini dia tipsnya!

1. Lakukan Pembersihan Secara Rutin

Tips Menjaga Keawetan Jendela Aluminium

Sama seperti material pada umumnya, jendela berbahan aluminium harus dibersihkan secara rutin agar selalu awet dan terjaga kualitasnya. Jangan biarkan jendela aluminum berdebu atau kotor sehingga semakin lama kotoran bisa berkerak dan sulit dihilangkan. Pastikan jendela selalu berada dalam kondisi yang bersih dengan mengelapnya menggunakan kain lap basah. Bila perlu lakukan pembersihan setiap hari atau dalam jangka waktu dua hari sekali.

Selain membersihkannya menggunakan kain lap yang basah, Anda juga bisa sesekali menyemprotkan cairan pembersih kaca pada bagian kusen aluminium sehingga tampilannya akan terlihat mengkilap dan sedap dipandang mata.

2. Hindari dari Cairan Kimia

Toko-toko yang jual kusen aluminium biasanya akan memberikan himbauan agar menjaga bahan aluminum agar terhindar dari cairan kimia. Hal itu juga berlaku pada jendela berbahan aluminium, dimana dalam menjaga keawetannya Anda harus memastikan bahwa tidak ada cairan kimia yang menempel. Cairan kimia akan memiliki reaksi pada bahan aluminium yang membuatnya dapat mengalami perubahan bentuk hingga membuat tampilannya menjadi buruk, jika dibiarkan jendela bahan aluminium bisa penyok dan juga berkerak.

3. Jaga dari Benturan dan Benda Tajam

Jendela berbahan aluminium akan tetap awet dan bertahan hingga puluhan tahun lamanya apabila tidak terbentur dan terkena benda tajam. Seperti yang kita tahu, Aluminium memiliki struktur yang ringan dan memiliki kekuatan yang minim terhadap beban yang berat. Apabila terkena benturan atau benda tajam disekitarnya maka bahan aluminium khususnya pada jendela akan mengalami kerusakan yang sangat fatal. Biasanya bahan aluminum pada jendela akan bengkok atau bahkan bisa patah. Dan yang lebih fatalnya lagi, pada area kacanya juga akan ikut rusak seperti retak dan juga pecah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *