Ini Dia Perawatan yang Diperlukan untuk Kusen Aluminium Agar Awet

Perawatan untuk Kusen Aluminium

Bahan aluminium saat ini cukup sering digunakan untuk berbagai peralatan rumah maupun material konstruksi, salah satunya yakni biasa dijadikan kusen untuk pintu maupun jendela. Hal ini lantaran bahan aluminium dinilai cukup kuat, sehingga layak dijadikan material kusen. Namun sayangnya material ini mudah berkarat apabila tidak diberikan lapisan pada permukaannya, misalnya saja dilakukan pelapisan menggunakan cat di awal penggunaannya.

Apalagi jika kusen berada di tempat yang rawan terpapar hujan dan panas matahari secara langsung, bukan tidak mungkin, permukaan kusen akan terlihat buram, mengelupas, serta warnanya menjadi makin memudar. Nah, untuk itu diperlukan perawatan yang tepat supaya kusen aluminium di rumah anda tetap awet dan terlihat bersih. Perawatan tersebut bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan beberapa cara. Maka dari itu, anda perlu mengikuti beberapa cara perawatan di bawah ini.

Cara Merawat Kusen Aluminium Agar Tetap Awet Digunakan

Perawatan untuk Kusen Aluminium

Merawat kusen berbahan aluminium sangatlah mudah, karena anda hanya memerlukan pembersihan serta mengembalikan tampilan permukaan kusen. Beberapa cara ini bisa anda terapkan pada kusen aluminium di rumah, supaya tetap awet dalam jangka waktu lama.

Membersihkan seluruh permukaannya

Proses perawatan ini bisa anda lakukan secara rutin beberapa hari sekali, untuk meminimalisir debu dan kotoran yang menempel pada permukaan kusen.

  1. Lap permukaan kusen dengan lain, lalu gosoklah menggunakan air sabun ataupun cairan pembersih khusus aluminium.
  2. Bersihkan kembali dari cairan pembersih atau sabun secara menyeluruh.
  3. Bilas kembali memakai air bersih untuk memastikan bahwa kotoran sisa-sisa cairan pembersih terangkat.

Mengkilatkan permukaan kusen

Kusen berbahan aluminium memang sering mengalami perubahan warna, sehingga anda perlu mengembalikan warna tampilannya yang mengkilat. Dengan cara ini, kusen di rumahmu akan tampak seperti baru dan jadi lebih awet dalam masa pemakaiannya.

  1. Pastikan bahwa permukaan kusen telah benar benar kering sebelum dilakukan pemolesan, agar hasil menjadi lebih maksimal.
  2. Gunakanlah cairan pemoles mobil, lalu gosoklah memakai kain kering keseluruh permukaan aluminium. Pilihlah kain dari bahan kaos supaya lebih mudah dalam meratakan.
  3. Pastikan bahwa cairan pemoles telah merata dan tidak ada bekas cairan yang terlihat di permukaan kusen.

Menggunakan krim tartar

Krim tartar memiliki warna putih dan berbentuk bubuk halus, serta biasanya dipakai sebagai bahan pengembang dalam pembuatan kue. Meski begitu, krim tartar ini cukup efektif untuk digunakan dalam merawat kusen yang berbahan aluminium. berikut ini carannya.

  1. Didihkanlah 1 liter air, lalu campurkan 2 sendok krim tartar dan aduk merata.
  2. Ratakan cairan tersebut menyeluruh pada permukaan kusen, kurang lebih hingga 15 menit.
  3. Buatlah larutan pembersih menggunakan 1 liter air dan detergen ataupun sabun, lalu aduk hingga berbusa. Oleskan cairan pembersih ini ke seluruh bagian kusen, termasuk sela-selanya menggunakan spons.
  4. Lap menggunakan kain dan air bersih, mulai dari tepi hingga setiap sisi kusen.

Demikianlah tadi beberapa cara merawat kusen aluminium supaya tetap awet dan tidak mudah berkarat maupun rusak. Jangan lupa melakukan perawatan tersebut secara berkala, untuk menghindarkan kotoran yang semakin menumpuk pada permukaannya. Lakukan perawatan yang lebih intens jika kusen berada di area luar rumah yang mudah terpapar perubahan cuaca.

Nah, cukup mudah bukan cara merawat kusen berbahan aluminium? Selain awet, kusen pada jendela maupun pintu rumah anda juga akan tampak bersih dan mengkilat. Bahkan, warnanya pun juga terlihat bagus dan terhindar dari kusam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *