Mari Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu

Salah satu peran utama lantai pada hunian tempat tinggal adalah sebagai sarana penunjang berbagai aktivitas yang dilakukan. Namun, pada rumah berdesain modern, lantai juga berfungsi sebagai salah satu alat yang dapat meningkatkan keindahan tampilan rumah. Bahkan, tema ruangan pun dapat semakin terlihat dengan adanya bantuan dari tampilan lantai yang digunakan. Jenis lantai yang dipakai pada rumah dengan desain modern pun beragam, mulai dari keramik, marmer, dan kayu.

Pemilihan jenis lantai biasanya dipengaruhi oleh banyak hal, terutama dari segi ketahanan dan juga harganya. Namun, kini banyak juga orang yang memilih jenis lantai dengan mempertimbangkan faktor estetika. Sebagai contoh, lantai berbahan kayu dipandang lebih cocok untuk diaplikasikan pada rumah modern yang mengusung konsep alam. Selain itu, harga lantai kayu juga cukup terjangkau. Jika anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai lantai  berbahan kayu, berikut akan kami sajikan informasinya.

Kelebihan Lantai Kayu

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu

1. Awet

Lantai berbahan kayu dapat dikatakan sebagai salah satu jenis lantai yang dapat digunakan dalam durasi waktu yang lama. Selain itu, tampilan natural yang terlihat  juga dapat dipertahankan meskipun telah dipakai dalam tempo waktu yang cukup lama. Namun, yang perlu diperhatikan adalah untuk mewujudkan kedua hal tersebut, jenis lantai ini harus dirawat dan dibersihkan secara rutin.

2. Baik bagi kesehatan

Lantai berbahan kayu juga memiliki kemampuan dalam menyerap panas pada saat siang hari. Lalu, pada saat malam hari panas yang tersimpan tadi di salurkan kembali. Sirkulasi penyaluran ini tentunya akan membuat rumah menjadi terasa lebih hangat pada malam hari. Hal ini tentunya dapat membantu anda untuk terhindar dari berbagai penyakit yang dipengaruhi oleh cuaca dingin, terlebih ketika musim hujan.

3. Investasi jangka panjang

Hunian tempat tinggal yang menggunakan lantai kayu cenderung memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan rumah yang menggunakan lantai keramik. Rumah dengan lantai berbahan kayu juga berpotensi besar untuk mengalami peningkatan harga setiap tahun. Oleh karena itu, penggunaan lantai berbahan kayu pada hunian tempat tinggal anda dapat dikategorikan sebagai investasi jangka panjang yang cukup menjanjikan.

4. Meningkatkan kesan natural

Lantai berbahan kayu sangatlah cocok untuk digunakan bagi anda yang ingin menciptakan tampilan desain interior bertemakan alam. Pasalnya, pola dari lantai berbahan kayu yang terbentuk dapat memperkuat kesan natural yang menyatu dengan alam. Meskipun demikian, lantai ini juga dapat dipadukan dengan rumah modern yang mengusung berbagai tema. Hal ini dikarenakan pola yang terdapat pada tampilan lantai berbahan kayu beraneka ragam.

5. Harga terjangkau

Harga lantai kayu cukup bervariasi namun tetap terjangkau. Varian harganya lantai ini didasarkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah kualitas kayu dan pola tampilannya.Tentunya anda dapat memanfaatkan hal ini untuk menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki untuk mendapatkan lantai berbahan kayu.

Kekurangan Lantai Kayu

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu

1. Rentan terhadap goresan

Permukaan lantai berbahan kayu cenderung mudah untuk tergores. Hal ini tentu saja dapat memengaruhi keindahan tampilan lantai. Goresan pada lantai kayu umumnya tercipta pada saat pemindahan berbagai furniture. Agar hal ini tidak terjadi hindarilah mendorong furniture pada saat memindahkannya. Selain itu, anda juga dapat menambahkan busa atau karet pelindung pada bagian kaki furniture agar lantai tidak mudah tergores.

2. Rentan terhadap cuaca

Kelemahan lantai berbahan kayu lainnya terletak pada sifatnya rentan terhadap cuaca. Jika lantai ini terkena paparan matahari secara langsung dan terus-menerus, warna yang dimiliki perlahan dapat memudar. Agar dapat meminimalisir perubahan warna yang terjadi akibat paparan sinar matahari, anda dapat melakukan pengecetan rutin pada lantai setiap 3 bulan sekali. Namun, anda juga dapat melakukan hal lain, seperti menggunakan lantai berbahan kayu hanya pada ruangan tertutup atau tidak terkena matahari secara langsung.

3. Rentan terhadap kelembapan

Lantai berbahan kayu juga cenderung rentan terhadap kelembapan yang tinggi. Pasalnya, kelembapan dapat mempercepat terjadinya proses pelapukan pada kayu. Salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah pelapukan yang terjadi terletak pada cara anda merawat dan membersihkannya. Pada saat mengepel lantai, akan lebih baik jika anda menggunakan lap kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *