Ketahui dengan Pasti, Inilah Cara Pasang Karpet Tile yang Benar!!

Rumah atau kantor kalau untuk masalah mendekorasi, biasanya kita serahkan pada ahlinya. Kecuali kalau ingin menekan budget atau merasa ada kesenangan tersendiri merancang interior walaupun bukan bidangnya. Jadi Anda akan menghadapi berbagai macam hal seperti mencari jenis wallpaper dan cat, harga karpet tile murah dan jasa pemasangan yang terpecaya. Bahkan ada saja material yang belum pernah Anda dengar sebelumnya padahal sudah dipakai luas di masyarakat, salah satunya adalah karpet tile.

Pasang Karpet Tile

Pemasangan Karpet Tile yang Benar

Interior kantor bisa juga diterapkan pada rumah biasa. Jadi jangan heran bila tampilan rumah masa kini jadi lebih variatif dan chic. Interior yang mix dan match kalau ternyata sesuai, mengapa tidak? Seperti pakai karpet tile yang lazim diterapkan pada area perkantoran, mall atau bahkan hotel, digunakan di rumah juga bisa. Tinggal mencari harga karpet tile yang sesuai penggunaan rumahan serta pemasangannya, yang ternyata bisa kok dilakukan sendiri tanpa harus memanggil tukang.

1. Ukuran Yang Pas

Hal paling penting adalah melakukan pengukuran. Karena bentuk tile pada dasarnya adalah kotak-kotak, mengukur jadi sangat penting untuk memastikan motif yang terpasang bisa terjaga kontinuitasnya. Baik penyambungan dan rata ketika mencapai sisi dinding berpengaruh dengan estetika ruangan. Terutama karena tidak semua ruangan berbentuk kotak yang luas ada area yang bahkan sedikit miring. Oleh karena itu hitung dengan benar agar hasil akhirnya memuaskan.

2. Estimasi Budget

Harga karpet tile tergantung ukuran dan juga panjang meteran. Standarnya tersedia dengan ukuran 50×50 cm, 60×60 cm atau bahkan 100cmx100cm. Jadi mendapatkan estimasi harga akhir sangat tergantung penghitungan berapa banyak dan berapa besar ukuran yang diperlukan.

3. Persiapan Bahan Dan Alat

Jenis karpet tile terbuat dari berbagai material seperti polypropylene, wool, nylon dan polyamid. Perekatnya juga jadi berbeda sesuai dengan jenis materialnya. Oleh karena itu pastikan material karpet yang dimiliki dan perekatnya sesuai dan bisa merekat dengan baik. Faktanya, bahkan ada material yang tidak perlu pakai lem sama sekali jadi tinggal langsung pasang tanpa pakai underlayer lagi, sehingga tinggal disesuaikan dengan jenisnya.

4. Persiapkan Lantai

Permukaan lantai dipastikan bersih dan bebas kotoran atau bebatuan kecil. Pastikan pula tidak lembab atau basah, lakukan pengeringan agar pemasangan bisa benar-benar terpasang dan tidak bergeser. Adanya keretakan pada lantai harus dilakukan penambalan terlebih dahulu, karena tidak seperti wallpaper, karpet tile tidak bisa menutupi lubang.

5. Pastikan Persisi Yang Tepat

Letakan terlebih dahulu karpet mengikuti polanya. Untuk memastikan tidak ada kesalahan atau pergeseran bisa digunakan selotip. Lihat hasil sampai semua lantai terlapisi sebelum melakukan pengeleman. Gunakan cutter untuk memotong bagian yang lebih namun tidak merusak material dengan potongan yang akurat. Potong dengan posisi terbalik untuk mempermudah pemotongan.

6. Finishing

Berikan lem satu persatu dengan memulainya dari bagian ujung salah satu ruangan. Lakukan sampai semua bagian terpasang dan biarkan untuk mengering setidaknya seharian agar benar-benar terpasang dengan baik dan bisa dipakai untuk jangka waktu yang panjang.

Untuk memberikan pelapis lantai yang baik bisa mencari harga karpet tile yang sudah sekaligus dengan layanan pemasangan. Namun bila ingin menekan pengeluaran, bisa saja dilakukan sendiri dengan perlengkapan sederhana dan mengikuti langkah yang sudah dijabarkan diatas. Karena setelah mempelajari dengan mendetail, pemasangannya sangat mudah dan tidak terlalu rumit. Apalagi bila memasang karpet tile yang tidak perlu pakai lem, tentunya akan lebih praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *