Bingung Kapan Waktu Tepat Membersihkan Karpet? Mari Simak Penjelasannya Disini

Dalam desain interior, ada banyak sekali furnitur dan dekorasi yang digunakan sebagai cara untuk mempercantik ruangan ataupun untuk digunakan sebagai fungsi tertentu lainnya. Salah satu jenis furnitur yang mempunyai fungsi sangat penting adalah karpet. Karpet merupakan sebuah penutup lantai yang memiliki banyak sekali fungsi pada sebuah ruangan. Seperti sebagai penghias, untuk menghangatkan kaki, mencegah kerusakan lantai, hingga membantu meningkatkan keamanan di dalam ruangan.

Membersihkan Karpet

Tentu saja fungsinya yang sangat banyak ini menjadikan karpet selalu ada pada sebuah bangunan di mulai dari rumah hingga kantor. Sama dengan jenis furnitur lainnya, karpet lantai sendiri juga harus selalu dijaga kebersihannya. Karena karpet yang kotor tentu saja dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dari yang ringan hingga serius. Bagi Anda yang ingin membersihkan karpet tapi bingung kapan waktu yang tepat, mungkin dapat melihat ulasan di bawah ini.

Waktu yang Tepat untuk Membersihkan Karpet

Membersihkan karpet sendiri sangatlah penting, di mana karpet juga mudah kotor dan terkena debu terlebih jika digunakan oleh orang banyak. Jika Anda ingin membersihkan karpet dan ingin tahu kapan waktu yang tepat untuk membersihkannya agar penutup lantai ini tidak mudah rusak ada baiknya melihat penjelasannya berikut ini :

1. 3 hari sekali

Untuk membersihkan karpet yang sering digunakan sendiri ada baiknya dibersihkan dengan rentan waktu 3 kali sehari dengan menggunakan vacuum cleaner. Pembersihan dengan menggunakan alat penyedot debu ini sendiri akan membuat karpet bersih dari debu, kotoran, jamur dan juga bakteri. Hal ini sangatlah penting, karena adanya debu yang berlebihan pada karpet dapat membuat orang yang ada di ruangan menjadi batuk, bersin bahkan terkena alergi. Sangat disarankan untuk menggunakan penyedot debu yang khusus agar bahan karpet sendiri tidak rusak dan masih bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

2. Dicuci 3 bulan sekali

Walaupun setiap 3 hari sekali karpet dibersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner, namun karpet ini tetap harus dicuci minimal 3 bulan sekali. Mencuci karpet  sendiri untuk membuang virus dan bakteri berbahaya yang bisa saja menempel pada karpet. Selain itu, dengan melakukan pencucian maka dapat menjaga warna karpet tetap baik dan tidak pudar. Ada baiknya Anda menggunakan jasa pencuci karpet yang biasanya ada di toko karpet lantai, hal ini dikarenakan setiap bahan karpet mempunyai cara tersendiri untuk dicuci agar bahan tidak rusak. Selain itu, menggunakan jasa ini sendiri juga terhitung sangat menghemat waktu dan juga tidak memakan banyak tenaga.

Itu adalah waktu yang tepat untuk membersihkan karpet yang digunakan dengan intensitas yang tinggi. Sedangkan untuk karpet yang jarang digunakan atau hanya digunakan di rumah, ada baiknya membersihkan menggunakan vacuum cleaner maksimal 2 minggu sekali dan melakukan pencucian 6 bulan sekali. Hal ini sendiri dikarenakan karpet pada rumah hanya digunakan oleh keluarga dan biasanya tidak diinjak menggunakan alas kaki seperti sandal atau sepatu, sehingga jarang terkena debu. Untuk memilih karpet yang berkualitas, harga karpet biasanya mempengaruhi. Harga biasanya akan sebanding dengan bahan karpet yang digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *